Minggu, 20 Mei 2012

Menulis, menulis, menulis!



minat menulis adalah sesuatu yang harus ditumbuhkan dari dalam hati, di tekuni, dan di hayati. Seorang pemuda yang hebat, bukan hanya yang tinggi ranking nya, bukan hanya yang besar angka nilainya, tapi pemuda yang berkarya.  Berkarya dalam arti luas, berkaryalah dengan tenagamu, jika mampu.  Namun jika tidak, berkaryalah dengan pikiranmu, mengubah dunia tidak melulu dengan aksi otot,, mempengaruhi dunia dan mengubahnya tidak perlu banting tulang,tenaga yang besar,, ubahlah dunia hanya dengan pemikiranmu, ide’’ cemerlang ynag kau miliki, otak muda pastilah penuh dengan inspirasi dan ide segar,, muda tidak akan selamanya, maka manfaatkan masa emas ini untuk berkarya. Untuk para pendewasa, jangan takut, menua itu mutlak adanya, nmun untuk menjadi tua itu pilihan,,, menjadi muda tak selamanya tergantung umur, muda adalah tentang semangat berkarya..
         
           berkarya, berkarya, berkarya. Kembali ke mengubah dunia, tentulah kita menginginkan kehidupan yang selaras... namun tak semua orang berpikiran sama dengan kita, tak selamanya. Bertemu dengan orang asing, perancis, inggris, cina dll tak memerlukan perahu dan pesawat lagi,, namun lewat goresan tinta, dengan tulisan, kita bisa bertemu orang-orang hebat yang bahkan mungkin kita belum pernah bertatap muka., para motivator, tak harus kita bertatap muka lagi,,, cukup baca tulisannya,,, kita akan mengenal orang dari tulisannya, maukah dirimu dikenal orang2 di seluruh penjuru dunia? Mengantarkan kepada mereka ide2mu, pengetahuan yang kau miliki, dan pemikiran-pemikiran cemerlang langsung ke rak-rak buku mereka. Menulislah! Bangun kapal besar untuk dinaiki orang-orang. Biarkan orang-orang di seluruh penjuru dunia mengenalmu lewat buku-bukumu....ya, tulisan ibaratkan sebuah kapal besar yang mampu membawa kita melintasi dimensi ruang dan waktu, bertemu dengan orang” hebat dan tempat” indah di seluruh dunia, bahkan di luar angkasa sekalipun,
               seseorang sebenarnya mampu mengubah dunia hanya dari tulisannya. Liha saja contoh terdekat, R.A Kartini... generasi sekarang tentu belum pernah bertemu dengannya, namun goresan tintanya dalam buku “habis gelap terbitlah terang” memberikan kontribusi yang cukup besar bagi penghargaan kaum perempuan, atau Mahatma Ghandi, seorang kecil India yang masa hidupnya sebagian besar dihabiskan di penjara dan pengasingan. Beliau mampu mempengaruhi public dan mendapatkan banyak support dari rang lain, tau caranya bagaimana? Bukan melalui orasi, tidak pula bertatap muka,,,bagaimana bertatap muka mencari dukungan jika hidupnya dibalik jeruji besi, saat beliau bebas pun selalu penuh pengawasan.  beliau hanya menulis, menulis di penjara...di tempat2 asing.. bukunya, kata2 bijaknya,, benar2 mampu mengantarnya menjadi orang hebat. Orang hebat yang mampu mengubah pemikiran masyarakat, membangkitkan semangat, dan akhirnya membebaskan India dari penjajahan.
Betapa kekuatan tulisan itu sangat dahsyat. Benar kan?


         setiap orang memiliki motivasi berbeda2 untuk menulis, saya sendiri sering menulis sejak smp. Meskipun begitu belum pernah saya bertemu dengan orang yang benar2 menjadi inspirasi saya dalam menulis. Saat di perguruan tinggi inilah saya baru menemukan figur seorang pemuda yang hebat dalam dunia tulis-menulis. Ide2nya dalam menulis tidak lagi hanya berupa ungkapan kata2, namun telah terstruktur dan ide-ide yang segar. Ya, seperti apapun di dunia ini, menulis, perlulah motivasi, sosok inspiratif yang mampu membuat kita semangat dalam menulis, namun yang paling penting adalah self motivation. Saya juga kenal seorang dosena hebat dalam dunia tulis menulis. Beliau adlah dosen yang palning emmotivasi saya dalam menulis. Orangnya cerdas, terbuka, dan sangat aktif dalam menulis. Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari beliau, lewat buku dan artikel artikelnya.bahasnaya ilmiah, dan enak untuk dibaca. Dari beliau, saya mampu menulis berlembar-lembar essay yang mungkin saya tak mungkin melakukannya sebelumnya. diSuatu kesempatan yang tak terduga, beliau memanggil saya ke ruangannya untuk berdiskusi. Tentang kuliah writing dan minat mahasiswa akan menulis. Sungguh kesempatan yang luar biasa berada dalam perbincanagn 4 mata dengan beliau. Banyak ilmu yang saya dapatkan, banyak kata yang ingin saya ucapkan dan sharingkan dengan beliau pun akhirnya tercapai.

             1 pesan beliau yang saya ingat, ”lanjutkanlah berkarya dengan tulisanmu”. Pesan itu membekas, semoga suatu hari nanti, saya bisa seperti beliau. Menulis tulisan yang pantas bagi orang2 dis eluruh dunia;. Satu yang saya sadar, menulis itu tidak mudah, menumbuhkan minatnya pun perlu perjuangan, untuk etap konsisten menulis apalagi. Namun saya yakin, man Jadda Wa jada, jika dilakukan dengan kesungguhan, sesuatu apapun akan berhasil.
Menjadi orang hebat? Bukan otot lagi yang berperan, segores tinta, dan imajinasi, maka ubahlah dunia lewat goresan tinta!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar